nanoedu-education for succes

Nano teknologi ternyata dapat bermanfaat untuk pendidikan di Indonesia, dengan adanya pendidikan nantinya bangsa ini dapat melahirkan generasi baru yang cakap dalam bidang ahli nano teknologi. Bidang nano teknologi nantinya dapat dimanfaatkan dalam industri-industri di Indonesia dan industri yang berkelas dunia.

Tahapan pendidikan nanoteknologi dapat diajarkan dalam pendidikan dari masa usia dini diawali dengan pembelajaran untuk taman kanak-kanak.

Cara mengajarkan mereka adalah dengan memicu reaksi diantaranya dengan:

  1. Menggunakan media bergambar yang beragam tentang ilmu nano teknologi
  2. Ajak anak agar aktif diceritakan tentang nano teknologi
  3. Bermain karakter menjadi ilmuan nano teknologi
  4. Mengunakan media interaktif yang seru
  5. Ciptakan permainan atau games yang seru untuk mainan nano teknologi

Permainan interaktif tentang bidang riset nano teknologi ini nantinya menjadi upaya memancing mereka mengenal menjadi seorang ilmuan.

Menjadi ilmuan sangat jarang sekali diimpikan oleh para anak-anak jaman sekarang, dengan adanya program nano teknologi pendidikan untuk negeri, secara alamiah maka akan tumbuh banyak ilmuan-ilmuan muda Indonesia tentang nano teknologi diakui di dunia Internasional.

Bukan hanya anak-anak saja yang menjadi sorotan di bidang pendidikan nano teknologi ini, untuk anak sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas dan juga pendidikan untuk tingkat universitas, haruslah diperkenalkan cara belajar berinteraktif, belajar riset dan belajar cara menemukan sesuatu yang berguna untuk menjadi seorang ilmuan yang diperhitungkan.

NANOEDU

Nanoedu dibentuk untuk menjawab program pendidikan nano teknologi untuk negeri. Karakter pendidikannya akan lebih menjadi pendidikan yang banyak interaktif dan terbiasa menjadi seorang ilmuan dalam hal penelitian.

NANOEDU mengangkat suatu budaya pendidikan luar negeri yang sangat canggih dalam bidang riset penelitian nano teknologi, yang akan diterapkan di Indonesia sebagai pendidikan budaya riset yang sederhana dan interaktif tetapi bisa dilakukan dengan sebuah riset yang sederhana dan tetap tidak mengurangi inti dari pendidikan nano teknologi tersebut.

Dengan belajar menjadi ilmuan sejak dini akan terlatih, bagaimana suatu cara yang nantinya produk yang akan diteliti akan mampu bermanfaat bagi kehidupan orang banyak, baik itu manusia dan hewan maupun untuk kehidupan lingkungan yang bersih dan sehat.

Cara berfikir seorang ilmuan juga nantinya dapat mendaftarkan hak paten yang nantinya akan menjadi miliknya sendiri, dengan hak paten tersebut biasanya banyak industri yang mengaplikasikannya dan ilmuan tersebut akan mendapatkan royalti dari hak paten tersebut.

bj habiebie
Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, FREng sumber: kompas.com

Sebut saja : Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, FREng yang mempunyai hak paten

BJ Habibie memiliki sejumlah Hak Paten atas penemuan-penemuannya di bidang aeronautika, atau ilmu yang terlibat dalam pengkajian, perancangan, dan pembuatan mesin-mesin berkemampuan terbang, atau teknik-teknik pengoperasian pesawat terbang dan roket di atmosfer.

Dan pendiri dari Nano Center Indonesia: Prof. Dr. Nurul Taufiqu Rochman, M.Eng, Ph.D

Ia telah mempublikasikan lebih dari 19 Paten dan Hak Cipta (di antaranya 1 Paten Jepang yang telah di-granted dan diterapkan di Perusahaan Kyushu Tabuchi sejak 2003) dan lebih dari 100 publikasi dan pemakalah internasional dan 140 publikasi dan pemakalah nasional.

Ia juga menciptakan Nano-Edu, paket pengajaran nano teknologi untuk pelajar, berisi buku dan alat peraga. Menurutnya, anak-anak harus dikenalkan sejak dini nano teknologi. Alat peraga Nano-Edu sudah dibeli Jepang sebanyak 300 paket untuk menunjang pendidikan di sana.

Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, FREng adalah salah satu tokoh inspirasi dari Prof. Dr. Nurul Taufiqu Rochman, M.Eng, Ph.D.

Pendidikan adalah hal yang wajib untuk dipelajari dan akan mempunyai keahlian di bidang masing-masing. NANOEDU yang dibentuk oleh Prof. Dr. Nurul Taufiqu Rochman, M.Eng, Ph.D ini nantinya dapat bersinergi dengan program kurikulum dari pendidikan Pemerintah.

NANOEDU dan NANOCENTER dapat memberikan arahan dan bimbingan serta pembelajaran bagaimana menjadi seorang ilmuan besar nantinya. Banyak dari para ilmuan ahli nano teknologi ini berupaya menciptakan Indonesia yang tumbuh lebih baik lagi.

NANOEDU juga terdiri dari para ahli ilmuan-ilmuan Indonesia yang telah melakukan riset diluar negeri dan kembali mendedikasikannya membangun NANO CENTER INDONESIA.

Dan membangun karakter ilmuan-ilmuan muda yang tangguh dari Indonesia sejak dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesia