pexels-chokniti-khongchum-2280547

Di masa depan nano teknologi akan menjadi salah satu bidang industri teknologi yang sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia.

Manfaat nano teknologi bagi kehidupan manusia adalah hal yang sangat luas, Bahkan untuk saat ini sudah banyak contoh penerapannya, di mulai dari bidang kesehatan, herbal, rekayasa material, dan pendidikan.

Menciptakan material super ringan dan juga kuat adalah hal yang sangat mungkin.

Nano teknologi sendiri merupakan sebuah teknologi yang menggunakan skala nano, atau sepermilyar dengan sifat material ukuran nano atau atom.

Pemanfaatan nano teknologi herbal juga menjadi salah satu bukti bahwa bisa diaplikasikannya teknologi tersebut untuk bidang pangan dan juga kosmetik. Seperti contoh video diatas.

Jika suatu material dibuat dalam ukuran nano, maka akan memungkinkan untuk terciptanya material dengan sifat-sifat baru yang luar biasa.

Misalnya, ilmuwan berhasil membuat material yang disebut graphene yang memiliki kekuatan ratusan kali dibanding baja namun lebih ringan. Material seperti itu akan memungkinkan terciptanya peralatan baru yang luar biasa, seperti elevator dari bumi menuju luar angkasa misalnya.

Berikut, adalah 10 contoh manfaat nano teknologi yang sudah terbukti dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

  1. Mengatasi perubahan iklim :

Perjuangan melawan perubahan iklim berarti kita membutuhkan cara-cara baru untuk menghasilkan dan menggunakan listrik, dan manfaat nano teknologi untuk di bidang ini sudah jelas terlihat. Nano teknologi telah membantu menciptakan baterai yang dapat menyimpan lebih banyak energi untuk mobil listrik dan telah memungkinkan terciptanya panel surya untuk mengubah lebih banyak sinar matahari menjadi listrik.

Keduanya menggunakan metode yang sama, yaitu menggunakan nano texturing atau nano material (misalnya nano wires atau karbon nano tube) yang mengubah permukaan datar menjadi tiga dimensi dengan area permukaan yang jauh lebih luas. Ini berarti bahwa ada lebih banyak ruang untuk reaksi yang memungkinkan penyimpanan atau pembangkitan energi berlangsung, sehingga perangkat beroperasi lebih efesien.

2. Antena dari Karbon Nano tube:

Arman Bengio, seorang peneliti dari Rice University telah berhasil mengembangkan antena yang dibentuk dari serat karbon nano tube (berbentuk tabung seukuran nano).

Antena ini memiliki kemampuan yang sama dengan antena dari tembaga, namun keunggulan antena serat nano tube ini yaitu bobotnya yang jauh lebih ringan dan fleksibilitas yang lebih baik.

3.Kayu Transparan, Material Kaca di Masa Depan

Ilmuwan dari University of Maryland telah berhasil mengembangkan material kayu berwujud tembus pandang. Hasil penelitian nano bioteknologi ini diklaim memiliki kekuatan setara atau melebihi baja namun dengan bobot yang lebih ringan.

Proses pembuatan kayu transparan ini dimulai dengan menghilangkan zat lignin pada kayu yang merupakan zat pemberi warna kayu, kemudian menyuntikkan epoxy pada pembuluh kayu untuk menguatkan kayu, membuatnya lebih transparan dan untuk menjaga serat nano selulosa.

Manfaat nano teknologi yang satu ini yaitu bisa menjadi material pengganti kaca karena kayu memiliki struktur sel dan serat alami sehingga tidak mudah pecah seperti kaca.

Kayu juga memiliki sifat material yang disebut haze, yang akan membuat cahaya yang menembus kayu transparan ini tidak akan langsung menuju mata sehingga akan lebih nyaman bila digunakan sebagai material rumah.

4. Manfaat Nano Teknologi Untuk Transplantasi Organ Tubuh

Transplantasi organ tubuh telah berhasil menyelamatkan banyak nyawa walau tingkat keberhasilannya masihlah terbilang kecil. Nano teknologi dapat meningkatkan keberhasilan transplantasi organ dan menyelamatkan lebih banyak nyawa. Para ilmuwan berhasil mengembangkan cara yang aman untuk menghidupkan kembali organ yang dibekukan dengan bantuan partikel nano.

Selama ini masih banyak organ pendonor yang masih sangat potensial namun justru terbuang sia-sia karena organ tersebut hanya dapat bertahan selama 4 hingga 36 jam saja. Cara terbaik untuk dapat bertahan lebih lama adalah dengan dibekukan, namun sayangnya proses pembekuan dan pencairan dapat merusak sel-sel organ tersebut. Manfaat nano teknologi untuk transplantasi ini terlihat nyata karena dalam proses pencairannya terbukti tidak menampilkan tanda kerusakan bahkan elastisitas organ juga tetap terjaga.

5. Kemampuan Penyembuhan Diri

Nano teknologi dapat mengubah struktur material pada skala nano dan memberikan beberapa sifat menakjubkan – seperti melapisi tekstur sehingga menjadi anti air misalnya. Di masa depan, lapisan nanoteknologi atau aditif bahkan akan memiliki potensi untuk memungkinkan bahan untuk “menyembuhkan diri” ketika rusak atau aus. Misalnya, menyebarkan nanopartikel ke seluruh material berarti dapat bermigrasi untuk mengisi retakan yang muncul. Ini bisa menghasilkan bahan penyembuhan diri untuk segala hal mulai dari kokpit pesawat hingga mikroelektronika, mencegah fraktur kecil berubah menjadi retakan besar yang lebih bermasalah.

6. Pemanfaatan nano herbal

Herbal dengan dijadikan scala nano dapat menjadi obat alternatif yang fungsi dan reaksinya akan menjadi lebih cepat, dengan begini proses penyembuhan akan menajadi lebih cepat. Tidak dipungkiri herbal menjadi obat tradisional yang sangat minim sekali efek sampingnya.

7. Pemanfaatan nano propolis

Propolis juga menjadi bahan pusat penelitian dikarenakan bahan polifenol dan flavanoidnya menjadi hal yang sangat berguna bagi kesehatan manusia dan juga menjadikan daya tahan tubuh manusia semakin kuat dengan nano propolis.

8. Nano buble untuk meningkatkan ikan tambak dan udang

Udang dan ikan ditambak juga menjadi salah satu hal yang berguna dan menjadi nilai ekspor yang cukup tinggi bagi negara, manfaat nanobubble menjadi jawaban meningkatkan tingkat kehidupan udang dan ikan menjadi lebih tinggi dan juga cepat besar.

9. Nano coating untuk bahan pengecetan produk agar anti air

Industri elektronik, industri perkapalan dan industri mobil menggunakan nano coating untuk melindung bahan atau produk tersebut dari air yang akan merusak komponen.

10. Nano material

Nano material dapat digunakan pada tahap produksi, perlindungan dan pengemasan makanan. Proses pelapisan nano komposit dapat meningkatkan ketahanan kemasan makanan akibat adanya zat anti mikroba pada permukaan lapisan kemasan.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesia