BIOKIMIA IPB-APIVENT dan NIG

Tidak seperti hari biasa, pada Jumat 16 September 2022 Nanoplex di ramaikan teman-teman Mahasiswa dan Dosen dari kampus IPB. Hari itu ada kegiatan kunjungan Biokimia Institut Pertanian Bogor dengan PT. Nanotech Herbaltama Internasional yang merupakan anak perusahaan PT. Nanotech Indonesia Global Tbk dan Yayasan Nano Center Indonesia.

Melalui program Matching Fund Kedaireka Tahun 2022 kedatangan kampus IPB diwakili oleh para dosen, para peneliti dan juga para mahasiswa yang berjumlah 30 orang disambut meriah di Hall Nanoplex oleh tim Herbaltama.

PT. Nano Herbaltama Internasional bersama IPB  berkolaborasi dalam mewujudkan produk herbal dengan teknologi tepat guna. Produk herbal yang dikembangkan merupakan hasil riset dosen Biokimia IPB yaitu  Dr Mega safithri, S.Si, M.Si, dan tim.  Beliau menggunakan formulasi 3 macam ekstrak herbal:  sirih merah, jahe merah dan kayu manis, berdasarkan hasil penelitian beliau ke -3 ekstrak ini memiliki potensi  dalam menurunkan kadar glukosa darah penderita diabetes. Hasil kerja sama PT NHI dan IPB menghasilkan suatu produk yang dinamakan “SIJAKA” (Sirih merah, Jahe merah dan Kayu Manis).

Program Matching Fund Kedaireka Tahun 2022 kedatangan kampus IPB diwakili oleh para dosen, para peneliti dan juga para mahasiswa

Apivent diwakili oleh CEO PT Nano Herbaltama Internasional, Bapak Nurvenda Novan Maulana M.Sc, memberikan beberapa insight yang sangat berguna untuk kepentingan obat tradisional “SIJAKA” tersebut, beliau juga memberikan arahan bisnis yang bisa mengembangkan obat tradisional menjadi obat yang bisa digunakan oleh masyarakat Indonesia pada umumnya.

CEO PT Nano Herbaltama Internasional, Bapak Nurvenda Novan Maulana M.Sc

Selain menghasilkan produk berdaya jual tinggi, kerja sama  ini juga memberikan kesempatan  kepada mahasiswa Institut pertanian Bogor utamanya dari departemen Biokimia, FMIPA dapat melaksanakan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) seperti kunjungan industri yang sudah dilakukan pada tanggal 16 September 2022. Selain mengunjungi kantor Nanoplex, pada tamu juga melakukan kunjungan ke laboratorium dan pabrik Apivent untuk melihat proses produksi dan pengujian produk sebelum didistribusikan kepada konsumen. 

Kedepannya Nano Grup mengharapkan semakin banyak kampus, akademisi dan pusat riset yang dapat berkolaborasi mengembangkan produk nanoteknologi mulai dari tahap riset hingga komersialisasi produk hingga terciptanya kemandirian dan kemajuan teknologi di Indonesia..

Kami menunggu kunjungan dan ajakan kolaborasi dari nanotizen lainnya ya, sampai jumpa di Nanoplex!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesia